Terima kasih kepada pengunjung blog ini. Anda bebas mengcopy dan membagikan artikel di dalam blog ini. Tapi hanya ada satu pesan penulis untuk anda, Jangan lupa mencantumkan link artikel yang anda copy atau bagikan, karena itu merupakan apresiasi kepada penulis blog ini. Terima kasih.

Kerajaan Funnan

Berita yang menyangkut berdirinya kerajaan Funnan berasal dari Cina sekitar abad 3 masehi. Petunjuk pertama dari orang Cina mengenai kerajaan tersebut datang dari utusan yang dikirim oleh kaisar bernama Kang Tai. Sedangkan kaisar yang berkuasa pada waktu itu adalah Fan Shun.
Pendiri kerajaan Funnan, menurut berita dari Cina adalah Fang Shih-man. Fan Shih-Man adalah penakluk besar, beliau mengembangkan kekuasaan kerajaannya sedemikian rupa sehingga dijuluki atau diberi gelar raja besar. Beliau juga membangun angkatan laut yang besar untuk menguasai lautan. Dalam cerita menyebutkan, beliau menyerang 10 kerajaan dan menuguasai 4 diantaranya. Wilayah kekuasaannya meliputi lembah-lembah sungai Mekong dan Tole Sap.
Titel Dinasti Funnan disebut sebagai King of The Mountain (Raja Gunung). Ibukota kerjaan adalah Vyadapura yang terletak di daerah jalur lalu lintas perdagangan sungai Mekong. Wilayah kekuasaan kerajaan Funnan meliputi pantai Malaya sebelah utara. Dan juga mengawasi pelabuhan dan kapal-kapal disekitar pantai Camrah Bay. Lalu lintas perdagangan mengandalkan aliran sungai. Negaranya bersifat agraris dengan mengandalkan hasil pertanian. Tanahnya sangat subur karena dialiri oleh sungai-sungai yang ada pada waktu itu.

0 comments:

Posting Komentar

Ebook
GRATIS UNTUK ANDA
Silahkan masukkan data diri anda pada form
di bawah ini
Name:
Email:
"Cek Email anda, jika email konfirmasi tidak masuk ke inbox anda
silahkan cek di folder junk atau spam"
website
indonesiadalamsejarah.blogspot.com